DEFINISI PEMASARAN (MARKETING DEFINITION)
A. Ada berbagai macam definisi pemasaran menurut beberapa ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.
American
Marketing Assosiation (AMA)
Definisi
pemasaran menurut AMA adalah Fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk
menciptakan, mengomunikasikan, dan memberi nilai kepada pelanggan dan untuk
mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan
pemangku kepentingannya .
2.
Philip
Kotler
Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang
diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
adapula definisi antara gabungan dari Philip Kotler dan Amstrong dimana pemasaran
adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
3. W. Stanton
Menurut W Stanton pemasaran
adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
4.
Gronross
Pemasaran menurut
Gronroos adalah Kemampuan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dipengaruhi
kemampuan perusahaan untuk memuaskan pelanggan baik itu secara internal maupun
eksternal. Hanya jika relationship dengan konsumen internal berjalan baik, maka
pelanggan internal dapat meningkatkan kualitas, lalu menimbulkan kepuasan atau
bahkan lebih dari itu menarik konsumen eksternal“
Selain itu Gronroos
juga memiliki pemikiran pemasaran yang terbaru yaitu Relationship
marketing merupakan paradigma baru dalam pemasaran di mana
Grönroos (1991) menggambarkannya sebagai marketing strategy continuum,
dengan maksud untuk menyampaikan produk dan jasa tanpa melalui discrete and
causal transaction (pandangan dari traditional marketing) melainkan
melalui penyampaian yang berlanjut dalam konteks relationship yang
terus-menerus
jadi inilah beberapa info mengenai definisi pemasaran dari berbagai para ahli ekonomi, semoga bermanfaat dan terimakasih :)