DEFINISI PEMASARAN (MARKETING DEFINITION)

A.   Ada berbagai macam definisi pemasaran menurut beberapa ahli, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      American Marketing Assosiation (AMA)
Definisi pemasaran menurut AMA adalah Fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberi nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya .
2.      Philip Kotler
Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. adapula definisi antara gabungan dari Philip Kotler dan Amstrong dimana pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
3.      W. Stanton
Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
4.      Gronross
Pemasaran menurut Gronroos adalah Kemampuan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dipengaruhi kemampuan perusahaan untuk memuaskan pelanggan baik itu secara internal maupun eksternal. Hanya jika relationship dengan konsumen internal berjalan baik, maka pelanggan internal dapat meningkatkan kualitas, lalu menimbulkan kepuasan atau bahkan lebih dari itu menarik konsumen eksternal“
Selain itu Gronroos juga memiliki pemikiran pemasaran yang terbaru yaitu Relationship marketing merupakan paradigma baru dalam pemasaran di mana Grönroos (1991) menggambarkannya sebagai marketing strategy continuum, dengan maksud untuk menyampaikan produk dan jasa tanpa melalui discrete and causal transaction (pandangan dari traditional marketing) melainkan melalui penyampaian yang berlanjut dalam konteks relationship yang terus-menerus

jadi inilah beberapa info mengenai definisi pemasaran dari berbagai para ahli ekonomi, semoga bermanfaat dan terimakasih :)  


Leave a comment