UJIAN AKHIR NASIONAL (UAN)


Ujian Nasional atau biasa disingkat UAN ini tengah menjadi sebuah prasyarat yang wajib diikuti bagi pelajar-pelajar di seluruh indonesia. Hari ini adalah hari terakhir ujian bagi pelajar SMA dan SMK atau setaranya, namun saya dapat info dari saudara saya yang sedang malaksanakan ujian nasional ini bahwa, UAN kali ini tidak mutlak sebagai syarat kelulusan, namun juga diimbangi dengan UAS (Ujian Akhir Sekolah) dimana memiliki presentase 40% untuk UAS dan 60% untuk UAN. jika jaman saya waktu UAN dulu di tahun 2010 yang lalu, UAN hanya terdapat 2 kode soal, kali ini di tahun 2011 UAN menjadi 5 kode soal. Hal ini ditegaskan oleh pemerintah agar tidak adanya bocoran yang keluar saat ujian berlangsung. UAN diadakan oleh pemerintah bertujuan agar meningkatkan kualitas akademik bangsa sehingga memiliki standar minimal kelulusan, namun sampai kali ini masih banyak siswa yang merasa keberatan dengan adanya UAN tersebut. Kita tahu bahwa UAN terkadang membawa siswa kepada keberuntungan atau kesialan, keberuntungan diberikan bagi siswa yang tidak terlalu menonjol di sekolah namun ia bisa lulus, dan kesialan terjadi kepada seorang siswa yang pandai namun ia gagal di salah satu mata pelajaran, hal ini tentu membuat syok mental bagi siswayang pandai tersebut.

suasana saat UAN
ini mungkin sedikit gambaran mengenai suasana saat UAN, saat awal ujian berlangsung seorang siswa tentu merasakan grogi yang hebat disini dia harus melawan dirinya sendiri dimana dia harus kuat mental dan memiliki keyakinan penuh, saat mental lemah akan membuat siswa lengah pada saat ujian, namun jika siswa memiliki mental yang baik maka ia akan rileks dalam mengerjakan soal, oleh karena itu mental sangat dibutuhkan pada UAN ini, Namun selain mental seorang siswa juga harus memperhatikan kesehatannya serta persiapannya agar pada saat ujian dia idak bingung harus bagaimana. jadi perlu diingat untuk teman-teman yang mungkin sedang melaksanakan UAN gar selalu menjaga badannya agar tidak lengah saat UAN berlangsung.

Tidak hanya kesehatan fisik dan juga rohani yang harus dipersiapkan jangan lupa juga dengan gambar disamping satu ini, yaitu pensil 2B serta penghapus yang bersih. Hal ini sagat penting karena jika pensil tidak 2B maka hasil ujian dianggap tidak ada atau nihil, mengapa? karena komputer yang digunakan untuk mencocokkan kertas lembar jawaban ujian nasional hanya bisa di result oleh pensil 2B, lalu yang kedua adalah penghapus, hal ini perlu jelas sekali, karena dengan penghapus siswa bisa mengganti jawabannya jika ia merasa salah dengan jawaban sebelumnya. dan juga mungkin adalah penggaris khusus UAN. Penggaris ini memudahkan kita untuk melingkari pada saat kita akan menjawab, saya dulu juga memakai pengggaris khusus UAN saat mengisi lembar jawab. Oleh karena itu teman-teman siapkan semua kebutuhan dengan baik agar tidak bingung saat UAN berlangsung.




Siswa UAN 1
siswa UAN 2




saran yang bisa saya sampaikan untuk siswa yang menghadapi UAN adalah :
  1. persiapkan mental anda dengan baik
  2. persiapkan kesehatan fisik anda agar tidak terjadi hal-hal yang fatal seperti sakit saat UAN ,dll.
  3. siapkan alat tulis jangan sampai ketinggalan
  4. berdo'a sebelum mengerjakan soal ujian
  5. percaya kepada diri anda bahwa anda bisa dan yakin kalau anda akan LULUS.
mungkin cukup sekian inforadsanjani mengenai UAN kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman, sekian dan terimakasih :)

By : Muhammad Fariz Rafsanjani
Literatur Gambar : www.google.co.id

1 Comment

  1. Baskara says:

    teringat jaman dulu....

Leave a comment