ikan air tawar terlaris di Indonesia


Cat Fish
Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Lele adalah ikan budidaya air tawar yang sangat populer. Produksi budidaya meningkat tajam tiap tahun, selama lima tahun terakhir, antara lain karena luasnya pasar bagi lele. Lele disukai konsumen karena berdaging lunak, sedikit tulang, tidak berduri, dan murah. Dari sisi budidaya, lele relatif tidak memerlukan banyak perawatan dan memiliki masa tunggu panen yang singkat. Pengolahan yang paling populer adalah dengan digoreng, dan disajikan sebagai pecel lele. Bentuk pengolahan lain adalah dengan diberi bumbu mangut (mangut lele).
 
Bawal Fish
Ikan bawal merupakan ikan import dari Brasil. Nama latinnya collossoma macropomum Ikan ini sangat mirip penampilannya dengan ikan piranha. Dengan badan yang pipih dan bulat dan warna kulit keperak – perakan, memiliki lubang hidung yang besar, dan warna ujung sirip berwarna merah atau kuning. Kadang mungkin anda bisa tertipu oleh penampilannya. Seperti kerabatnya ikan piranha ikan ini termasuk ikan carnivora yakni pemakan daging. Di habitat aslinya di sungai amazon sana ikan ini bergerombol dalam jumlah yang kecil dan mencari mangsa ikan kecil, katak, siput atau udang. Dengan gigi – giginya yang tajam, ikan ini merupakan predator sejati. Dan yang tidak kalah hebatna ikan ini memiliki banyak protein.


 
Nila Fish

NILA- Ikan ini tentu sudah tidak asing lagi khususnya bagi masyarakat  Indonesia, Hingga saat ini populasi atau budi daya ikan nila masih banyak kita jumpai di daerah-daerah pedesaan yang memiliki perairan yang baik. Ikan nilai termasuk salah satu ikan yang digemari oleh masyarakat Indonesia khusunya untuk di konsumsi, Ikan ini mempunyai beberapa warna seperti orannye, dan hitam. Ikan ini juga memiliki daging yang tebal sehingga memberikan kelezatan pada saat akan di konsumsi.



Gurami Fis
Ikan gurame - merupakan salah satu komoditas unggulan ikan air tawar di Indonesia yang mudah dibudidayakan serta mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, peluang mengusahakan gurame sebenarnya sangat terbuka sebab untuk membesarkan gurame kini dapat dilakukan dalam waktu singkat hanya 4 - 5 bulan hingga mencapai ukuran siap konsumsi. Perikanan budidaya khususnya ikan gurame selain berperan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat, peningkatan pendapatan petani dan negara, juga penting dalam perluasan kesempatan kerja dan pertumbuhan agrobisnis.


 By : Muhammad Fariz Rafsanjani

Literatur : www.google.co.id
               http://id.wikipedia.org




 





1 Comment

  1. Unknown says:

    Salam, yang harus kita pikirkan selain budidaya perikanannya, yang terpenting bagaimana kestabilan dalam pangsa pasar, dan dijadikan produk apa selain ikan segar dijual, apa bisa di kalengkan, dll... Salam sukses

Leave a comment